Visi dan Misi

Berdasarkan Struktur Organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Seruyan Nomor 05 Tahun 2016 Nomor 31, dimana Struktur Organisasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, maka antara lain dibentuklah satu kelembagaan Dinas Pendidikan yang mengemban tugas membantu Kepala Daerah/Bupati dalam penyelenggaraan pemerintah dibidang Pendidikan.
Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan bertugas dibidang Pendidikan turut serta mensukseskan pencapaian Visi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Seruyan Tahun 2018 – 2023. Adapun Visi Dinas Pendidikan yang hendak dicapai dalam Pembangunan Kabupaten Seruyan adalah

MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS, MERATA, TERAKSES DAN BERDAYA-SAING UNTUK MENUJU SERUYAN CERDAS DAN SEJAHTERA.

Untuk dapat mewujudkan Visi Dinas Pendidikan dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Pendidikan yang Berkualitas, Merata, Terakses dan Berdaya Saing Untuk Menuju Seruyan Cerdas dan Sejahtera, maka Dinas Pendidikan merumuskan misi-misinya sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pemerataan dan perluasan akses layanan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat Kabupaten  Seruyan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disetiap jenjang pendidikan;
  2. Meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan melalui pembinaan dan pengembangan kompetensi;
  3. Meningkatkan sistem manajemen mutu pendidikan yang efektif dan efisien;
  4. Melaksanakan pendidikan luar sekolah melalui program paket A, B, dan C, program pemberantasan buta aksara dan pembinaan kursus keterampilan;
  5. Meningkatkan    kesejahteraan    tenaga    pendidik    dan    tenaga kependidikan.

Peranan Dinas Pendidikan untuk mendukung mewujudkan Visi dan  Misi  Kabupaten  Seruyan  perlu  didukung  dengan  penjelasan Fungsi Dinas Pendidikan sehingga dapat disusun program kerja sesuai Tugas, Pokok dan Fungsinya kemudian secara mandiri Dinas Pendidikan menentukan Visi dan Misi yang bersinergi dengan Visi dan Misi Kabupaten Seruyan.

Untuk mencapai Visi   dan   Misi Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, maka disusun dan ditetapkan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, sebagai dokumen yang penting dalam perencanaan pembangunan di bidang Pendidikan yang berorientasi pada hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan.

Alur   pemikiran   strategis   (strategic   thinking   process)   pada dasarnya mencakup elemen-elemen sebagai berikut:

  1. Ada rumusan isu dan permasalahan pendidikan yang jelas;
  2. Ada rumusan prioritas isu sesuai dengan urgensi dan kepentingan dan dampak isu terhadap perkembangan pendidikan;
  3. Ada rumusan alternatif strategi untuk pencapaian tujuan;
  4. Ada rumusan kebijakan untuk masing-masing strategi;
  5. Ada  pertimbangan  atas  kendala  ketersediaan  sumberdaya  dan dana (kendala fiskal Dinas Pendidikan);
  6. Ada prioritas program;
  7. Ada tolok ukur dan target kinerja capaian program;
  8. Ada pagu indikatif program.

Maksud dan Tujuan

Tujuan Penyusunan Profil Pendidikan Kabupaten Seruyan sebagai upaya memenuhi kebutuhan data pokok pendidikan berkaitan dalam penyusunan,    perencanaan   dan   pelaksanaan   pembangunan   bidang pendidikan dan sektor terkait lainnya di Kabupaten Seruyan.